Dalam
era globalisasi membuat orang memikirkan sebuah konsep untuk memudahkan setiap
apa yang kita lakukan dan akan dilakukan. Seperti halnya e-banking memudahkan
orang-orang untuk melakukan pemindahan dana, pengambilan dana dan masih banyak
lagi dengan menggunaka terminal elektronik. Tanpa harus orang tersebut ke bank,
atau pun bertatap muka dengan orang yang berkepentingan. Sehingga
membuat para nasabah efektif dan efisien dalam melakukan transaksi keuangan.
Saluran
dari e-Banking yang telah diterapkan bank-bank di Indonesia sebagai berikut:
ATM, Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri
ATM, Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri
Ini
adalah saluran e-Banking paling populer yang kita kenal. Setiap kita pasti
mempunyai kartu ATM dan menggunakan fasilitas ATM. Fitur tradisional ATM adalah
untuk mengetahui informasi saldo dan melakukan penarikan tunai. Dalam
perkembangannya, fitur semakin bertambah yang memungkinkan untuk melakukan
pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan
telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan yang terkini transfer ke bank
lain (dalam satu switching jaringan ATM). Selain bertransaksi melalui mesin
ATM, kartu ATM dapat pula digunakan untuk berbelanja di tempat perbelanjaan,
berfungsi sebagai kartu debit. Bila kita mengenal ATM sebagai mesin untuk
mengambil uang, belakangan muncul pula ATM yang dapat menerima setoran uang,
yang dikenal pula sebagai Cash Deposit Machine/CDM. Layaklah bila ATM disebut
sebagai mesin sejuta umat dan segala bisa, karena ragam fitur dan kemudahan
penggunaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar